Friday 1 March 2013

Games/Permainan kata dan gambar berkelompok dalam pembelajaran Bahasa Inggris (part 3) PICTIONARY

Dewasa ini kreativitas dan inovasi guru semakin dituntut dalam pembelajaran, terutama pembelajaran Bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan tuntutan kemajuan dan perkembangan pengetahuan dan teknologi.
Salah satu inovasi dalam pembelajaran di kelas adalah dengan penggunaan games atau permainan yang dapat diaplikasikan dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Penggunaan games atau permainan dalam pembelajaran bahasa Inggris diharapkan dapat membuat suasana pembelajaran di kelas semakin hidup dan efektif. Terlebih lagi, perkembangan psikologi siswa masih suka bermain.
Dengan adanya penggunaan games dalam pembelajaran Bahasa Inggris diharapkan siswa lebih memperhatikan, lebih cepat memahami konsep-konsep yang diajarkan guru di dalam kelas
Salah satu games atau permainan yang penulis dapat dari the game gal adalah Pictionary. Games atau permainan ini dapat digunakan untuk segala umur. Games atau permainan ini juga dapat mengasah daya imajinasi siswa, dimana siswa diminta untuk menggambar sesuai dengan kata yang diberikan. Selain itu, games ini juga dapat mengasah kerjasama siswa karena games atau permainan ini dilakukan dalam kelompok.
Pada dasarnya pelaksanaan permainan pictionary ini adalah salah satu siswa menggambar satu kata yang diberikan guru, kemudian anggota kelompok yang lain berusaha menebaknya. Kata yang akan digunakan sebaiknya yang telah diajarkan atau sesuai dengan materi pembelajaran pada waktu itu. Kelompok dengan jumlah kata tertebak terbanyak dan dalam waktu tercepat menjadi pemenangnya. Games ini dapat juga digunakan untuk penilaian di akhir waktu pembelajaran. Dalam hal ini, guru dapat memberikan nilai berdasarkan urutan pemenang.
Cara dan aturan permainan pictionary:
1. Siswa dibagi dalam kelompok. Jumlah anggota kelompok dapat bervariasi tergantung jumlah siswa dalam kelas. Contohnya, siswa dibagi menurut baris mereka duduk.
2. Guru menerangkan aturan permainan Pictionary.
3. Masing-masing kelompok diberikan sejumlah kartu kata untuk digambar. Jumlah kata untuk masing-masing kelompok sama.
4. Kemudian, masing-masing kelompok menentukan urutan siapa yang akan menggambar untuk mengilustrasikan setiap kata yang diberikan guru. Urutannya bisa dari siswa yang duduk paling depan kemudian ke belakang.
5. Guru meletakkan kumpulan kata yang akan digambar di meja paling depan, bersama dengan lembaran kertas kosong untuk menggambar sejumlah banyak kata untuk setiap kelompok siswa.
6. Setelah semua siswa siap, guru memberikan aba-aba mulai dan setiap kelompok siswa mulai memainkannya.
7. Setelah aba-aba mulai dari guru, salah satu anggota masing-masing kelompok maju ke depan, mengambil satu kartu kata dan mulai menggambar kata tersebut dan anggota kelompoknya menebak kata tersebut. Siswa yang menggambar hanya boleh menjawab "yes" jika kata yang disebutkan anggota kelompoknya benar; atau 'no' jika kata yang disebutkan bukan kata yang diinginkan.
8. Setiap siswa anggota kelompok bergantian maju ke depan untuk mengambil satu kartu kata dan menggambarnya untuk ditebak oleh anggota kelompoknya.
9. Pemenangnya adalah kelompok yang berhasil menebak kata terbanyak dan dalam waktu tercepat.

Saya share juga wordlist yang dapat teman-teman guru gunakan sehingga tidak perlu susah mencari atau membuat.
Silahkan download wordlist pictionary disini
Demikian salah satu games atau permainan yang dapat teman-teman guru gunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas.
Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.


Kompilasi Prediksi Soal UN 2013 bagi guru dan siswa SMP

Masih seputar Ujian Nasional (UN) 2013, dengan rencana diberlakukannya 20 paket soal untuk tiap ruang Ujian Nasional, berarti masing-masing siswa kita harus benar-benar menguasai tiap-tiap materi yang diujikan yang tertuang dalam SKL UN 2013.
Semakin banyaknya paket soal yang akan diberikan pada siswa dalam UN 2013 membuat guru dan siswa harus lebih siap menghadapi pelaksanaan 20 paket soal UN 2013 ini. Hal ini membuat bukan hanya siswa namun juga guru yang mengajar harus lebih intens lagi mempelajari dan juga mengajarkan tiap materi dalam SKL UN 2013.
Selain itu banyaknya latihan soal prediksi UN 2013 juga ikut menentukan kesiapan siswa dalam menghadapi UN 2013 yang sesungguhnya. Semakin banyak latihan soal yang diberikan atau dikerjakan siswa diharapkan siswa semakin siap menghadapi UN 2013 yang sebenarnya.
Sebagai guru yang baik tentunya kita tidak bisa membiarkan siswa kurang latihan daam mengerjakan soal prediksi UN 2013 ataupun soal - soal yang sesuai dengan SKL UN 2013.
Sebagai guru yang baik yang menginginkan banyak siswa kita yang lulus UN 2013, kita tentunya harus juga memiliki banyak soal prediksi UN 2013 ataupun soal-soal yang sesuai dengan SKL UN 2013. Yang tentunya lagi soal - soal tersebut harus diberikan kepada siswa untuk dikerjakan serta dibahas di kelas. Soal-soal ini dapat kita temukan dengan searching dan browsing di internet, guru membuat soal sendiri maupun berbagi dengan guru lain yang memiliki banyak bank soal.
Disini penulis coba share kompilasi prediksi soal UN  2013 yang penulis dapat dari teman. Semoga bermanfaat.
Silahkan download di Kompilasi Prediksi Soal UN 2013 atau di Kompilasi Prediksi Soal UN 2013


Contact Us

Name

Email *

Message *