Tuesday 12 February 2013

Salah satu alternatif mengajarkan Speaking Procedure Text bagi guru

Speaking merupakan salah satu aspek dalam pembelajaran bahasa Inggris  yang tidak dapat kita lupakan. Salah satu metode dalam pembelajaran Speaking yang dapat kita gunakan adalah video. Penulis menggunakan metode ini dalam pembelajaran materi Procedure text  di kelas 9. Disini penulis meminta siswa mempraktikkan cara mencuci tangan yang baik dan benar.
Adapun prosedur pembelajarannya yaitu pertama guru menjelaskan cara membuat teks procedure yang benar mulai dari tenses yang digunakan, ciri khas teks procedure, dll. Kemudian para siswa menonton video di youtube washy washy clean , tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar. Alasan pemilihan video ini karena ditampilkan dalam film kartun dimana pada usia tersebut para siswa diharapkan lebih dapat memperhatikan. Selain itu juga dapat bermanfaat dalam keseharian para siswa dimana masih banyak dari kita yang belum tahu cara mencuci tangan yang sehat.
Kemudian, para siswa diminta menonton video tersebut sambil mempraktikkan caranya. Setelah itu para siswa diminta merangkum cara mencuci tangan berdasarkan dari video yang ditonton.
Setelah itu, para siswa membuat teks procedure cara mencuci tangan yang baik dari rangkuman yang sudah mereka buat yang kemudian dikonsultasikan dengan guru.
Langkah pembelajaran berikutnya, para siswa berlatih mempraktikkannya untuk kemudian diadakan penilaian.
Cara penilaian yang penulis lakukan adalah para siswa mempraktikkan cara mencuci tangan yang direkam dengan kamera/handycam.
Adapun hasil video para siswa dapat teman-teman lihat pada link video pada blog ini.
Semoga bermanfaat......


No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *