Friday 5 April 2013

Menulis, mengembangkan dan membuat soal terstandar dalam evaluasi pembelajaran buat guru

Sahabat guruku tercinta,
Dalam keseharian kita sebagai guru, tentunya mengajar adalah sebuah kewajiban.Tahapan-tahapan yang harus dikerjakan di dalam mengajar antara lain mempersiapkan rencana pembelajaran (termasuk penentuan media yang digunakan, metode pengajaran, dan segala perencanaan yang dibutuhkan), pelaksanaan pembelajaran (eksekusi di dalam kelas, pelaksanaan dari semua yang telah kita rencanakan), tidak ketinggalan dan tidak kalah penting adalah evaluasi pembelajaran (memeriksa sejauh mana pemahaman siswa-siswa kita terhadap materi yang telah kita ajarkan).
Sahabat guruku tercinta,
Evaluasi pembelajaran adalah mutlak dilakukan karena pada tahapan inilah kita sebagai guru wajib mengetahui sejauh mana pemahaman siswa-siswi kita terhadap materi yang telah kita ajarkan. Bentuk-bentuk evaluasi pembelajaran di antaranya membuat atau mengembangkan soal.
Menulis, mengembangkan dan membuat soal terstandar menjadi suatu keniscayaan di dalam pelaksanaan evaluasi pebelajaran buat guru.

Masih banyak sahabat guruku tercinta yang saya yakin masih mengalami banyak kesulitan di dalam menulis, mengembangkan dan membuat soal yang terstandar.
Seperti apakah soal terstandar dalam evaluasi pembelajaran buat guru?

Faktor-faktor apa sajakah yang menjadi tolok ukur sebuah soal terstandar, kesesuaian dengan SK/KD yang diujikan, model soal, teknik penyusunan soal,serta seluk beluknya saya coba share disini.

Materi ini saya dapatkan dari kegiatan Bedah SKL UN Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Tegal, dimana saya termasuk salah satu anggotanya.
Tak lupa saya haturkan terimakasih yang tak terhingga kepada ibunda Sri Muryani atas semua dorongan, semangat serta ilmu yang tidak terhingga.Semoga bermanfaat.
(disarikan dari berbagai sumber)

Monggoh silahkan lebih lengkapnya sahabat guruku tercinta download disini atau disini

No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *